Friday, April 2, 2010

Introduction to Network Types (Indonesian version)

Pengenalan Jenis Jaringan
LAN, WAN and Other Area Networks

By

Salah satu cara untuk mengkategorikan berbagai jenis desain jaringan komputer adalah dengan lingkup atau skala. Untuk alasan historis, industri jaringan mengacu pada hampir setiap jenis desain sebagai semacam area network. Contoh umum jenis jaringan area adalah:

Jaringan * LAN - Local Area
Jaringan * WLAN - Wireless Local Area
Jaringan * WAN - Wide Area
Jaringan * MAN - Metropolitan Area
* SAN - Storage Area Network, System Area Network, Server Area Network, atau kadang-kadang Kecil Area Network
* DAPAT - Kampus Area Network, Controller Area Network, atau kadang-kadang Cluster Area Network
* PAN - Personal Area Network
Meja tulis * DAN - Area Network

LAN dan WAN adalah jaringan kategori asli daerah, sementara yang lain telah muncul secara bertahap selama bertahun-tahun evolusi teknologi.

Perlu diketahui bahwa jenis jaringan adalah konsep yang terpisah dari topologi jaringan seperti bus, cincin dan bintang.

Lihat juga - Pengantar Topologi Jaringan

LAN - Local Area Network
Sebuah LAN menghubungkan perangkat jaringan melalui jarak yang relatif pendek. Sebuah bangunan jaringan kantor, sekolah, atau rumah biasanya berisi LAN tunggal, meskipun kadang-kadang satu bangunan akan berisi beberapa LAN kecil (mungkin satu per kamar), dan kadang-kadang LAN akan span sekelompok bangunan di dekatnya. Dalam TCP / IP networking, LAN sering tetapi tidak selalu diterapkan sebagai subnet IP tunggal.

Selain beroperasi di ruang terbatas, LAN juga biasanya dimiliki, dikuasai, dan dikelola oleh satu orang atau organisasi. Mereka juga cenderung menggunakan teknologi konektivitas tertentu, terutama Ethernet dan Token Ring.

WAN - Wide Area Network
Sebagai istilah menyiratkan, sebuah rentang WAN jarak fisik yang besar. Internet adalah WAN terbesar, mencakup Bumi.

Sebuah WAN adalah tersebar secara geografis-kumpulan LAN. Sebuah perangkat jaringan yang disebut router menghubungkan LAN ke WAN. Dalam jaringan IP, router memelihara kedua alamat alamat LAN dan WAN.

Sebuah WAN berbeda dari LAN dalam beberapa cara penting. Kebanyakan WAN (seperti Internet) yang tidak dimiliki oleh organisasi satu melainkan ada dibawah kepemilikan kolektif atau terdistribusi dan manajemen. WAN cenderung menggunakan teknologi seperti ATM, Frame Relay dan X.25 untuk konektivitas selama jarak lagi.

LAN, WAN dan Jaringan Home
Residences biasanya mempekerjakan satu LAN dan WAN terhubung ke Internet melalui Internet Service Provider (ISP) menggunakan modem broadband. ISP menyediakan alamat IP WAN modem, dan semua komputer di jaringan asal menggunakan LAN (disebut swasta) alamat IP. Semua komputer di LAN rumah dapat berkomunikasi langsung satu sama lain, tetapi harus melalui sebuah gateway sentral, biasanya sebuah router broadband, untuk mencapai ISP.

Lainnya Jenis Jaringan Luas
Sementara LAN dan WAN yang jauh yang jenis jaringan yang paling populer disebutkan, Anda juga dapat sering melihat referensi ke orang lain ini:

* Wireless Local Area Network - LAN berbasis pada teknologi jaringan nirkabel WiFi
* Metropolitan Area Network - sebuah jaringan mencakup area fisik lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil dari WAN, seperti kota. Sebuah MAN biasanya dimiliki suatu dioperasikan oleh entitas tunggal seperti badan pemerintah atau perusahaan besar.
* Campus Area Network - sebuah jaringan mencakup beberapa LAN tetapi lebih kecil dari MAN, seperti pada universitas atau kampus bisnis lokal.
* Storage Area Network - menghubungkan server ke perangkat penyimpanan data melalui teknologi seperti Fibre Channel.
* Sistem Area Network - pranala komputer kinerja tinggi dengan kecepatan tinggi koneksi dengan konfigurasi cluster. Juga dikenal sebagai Cluster Area Network.

see the english version on about.com

0 comments:

 

Copyright 2010 By Ghiatsudin Asyrofi blogger templates | Make Money Online